java

Minggu, 25 Maret 2012

Social Networking

Zaman sekarang siapa yang tidak tahu atau tidak kenal dengan istilah "Social Networking". Social Networking itu sendiri adalah jejaring sosial atau bisa disebut dengan web yang buat atau dirancang untuk mempermudah pertemanan kita. Contoh Social Networking yang ada dan sering kita pakai adalah YM( Yahoo Messager), Facebook, Twitter, friendster, MySpace dan seterusnya. Dari beberapa Social Networking yang sering dipergunakan adalah Facebook, hampir 600 juta pengguna aktif menggunakan Facebook.

Facebook itu sendiri dibuat oleh Mark Zuckerberg, pada tahun 2004. Pada Facebook pengguna dapat membuat profil pribadi pengguna, seperti : nama sekolah anda, tanggal lahir anda, kesukaan anda, dapat mencantumkan foto pengguna, dan kita juga bisa membuat group atau komunitas yang kita mau. Tidak itu saja kelebihan dari Facebook tetapi kita juga bisa memasukkan video pribadi kita dan kita bisa mencari teman lama kita dengan memasukkan nama yang ingin kita cari. Tidak hanya itu kelebihan dari Facebook, Facebook juga bisa memainkan beberapa aplikasi permaian yang berada di Facebook dan kita juga bisa mengupload video pribadi kita ke dalam akun kita.

Dengan banyaknya penggunan aktif Facebook tampilan Facebook sekarang berubah, dimulai dengan yang namanya kronologi, foto kita bisa dijadikan sampul, dan bisa melakukan videocall menggunakan webcam. Aplikasi kronologi itu merupakan aplikasi yang baru pada Facebook dan berguna untuk mengetahui apa saja yang kita lakukan setiap bulannya. Kita juga bisa membuat profil atau akun kita di privasi agar tidak semua orang bisa mengetahui atau melihat isi profil atau akun kita, selain kita bisa membuat akun kita menjadi privasi kita juga bisa memblok orang yang kita tidak suka.

Tapi banyak orang yang salah menggunakan manfaat Facebook itu sendiri, karena banyak kejadian kriminal melalui Facebook, contohnya penjualan wanita melalui Facebook, penculikkan akibat berkenalan dengan orang melalui Facebook, penipuan dan seterusnya.

Kesimpulan dari tulisan diatas adalah social networking sangatlah membantu kita di zaman sekarang, tetapi kita juga harus bisa membagi waktu karena hari-hari kita tidak sepenuhnya untuk berlama-lama Facebookkan  karena kita memiliki kegiatan yang lain dan bermanfaat. Dan gunakan Facebook seperlunya dan kita jangan mudah percaya sama orang yang kita baru kenal di Facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar